Jokowi

Presiden Terpilih Joko Widodo dan wakilnya, Jusuf Kalla, saat bertemu wartawan Kamis malam (21/08)

Indeks Harga Saham Gabungan hari Jumat (22/08) dibuka dengan harga yang hampir mencapai titik tertinggi setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan menolak seluruh gugatan Prabowo Subianto terkait hasil pemilu presiden. Klik Keputusan MK bersifat final dan mengikat.

Jokowi, demikian presiden Indonesia terpilih itu disapa, akan memulai masa pemerintahannya setelah resmi dilantik pada 20 Oktober.

Perdagangan di Bursa Efek Indonesia meningkat 0,2% menjadi 5,223.95 poin, atau level harian tertinggi sejak 29 Mei tahun lalu.Rupiah juga menguat menjadi 11.655 terhadap dolar AS.

Kini setelah tidak ada lagi kendala legal terhadap kemenangannya, Jokowi mengatakan ia berencana bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk membahas transisi dan isu-isu ekonomi yang mendesak, seperti biaya subsidi BBM yang membengkang dan memperlebar defisit saat ini.

“Ini akan membuka sebuah kesempatan bagi kami berdua untuk segera menyiapkan, segera merencanakan untuk pemerintahan baru kami,” kata Jokowi dalam Klik pernyataan kepada pers di Taman Suropati Kamis malam (21/08).

“Segera kita bertemu pemerintah yang sekarang, dengan pemerintah Pak SBY [Susilo Bambang Yudhoyono] untuk mengetahui persoalan-persoalan yang sekarang,” tambahnya.

Ia telah membentuk badan beranggotakan pakar-pakar di bidang khusus untuk membantu transisi kekuasaan, memilih kabinet dan mempersiapkan peta jalan kebijakan.

Tim itu dipimpin oleh Rini Soemarno, seorang pengusaha lulusan AS yang pernah menjabat sebagai menteri perdagangan dan pernah memimpin PT Astra International, distributor kendaraan bermotor terbesar di Indonesia.

“Ke depan, kami percaya perhatian politik akan beralih ke pembentukan kabinet Jokowi dan evolusi dukungan politik. Keduanya akan menjadi kunci bagi pemerintahan yang efektif untuk mendorong reformasi struktural,” kata Mandiri Sekuritas dalam nota risetnya.